Banyak anak mengalami kesulitan dengan benar memproduksi suara dalam kata-kata. Ini sering disebut sebagai gangguan artikulasi atau artikulasi penundaan.
Kesulitan-kesulitan ini dapat menyebabkan kesalahpahaman yang bisa membuat frustrasi baik di anak dan pendengar. Jika Anda melihat anak Anda sedang mengalami kesulitan-kesulitan ini adalah mereka yang paling berminat untuk memiliki sebuah evaluasi selesai dengan pidato patolog. Mereka dapat memberitahu Anda apa kesalahan anak Anda membuat dan jika mereka akan mendapat manfaat dari terapi wicara. Mereka juga dapat menyediakan hal-hal untuk bekerja di rumah didasarkan pada kebutuhan khusus anak.
Disini di jelaskan Anda akan menemukan beberapa ide untuk membantu membantu dalam memahami seorang anak yang mengalami kesulitan berbicara.
Ini adalah saran umum yang dapat digunakan dalam situasi sehari-hari untuk membantu meringankan frustrasi, diantaranya :
1) Jangan berpura-pura untuk memahami anak. Mereka akan dapat mengatakan bahwa Anda tidak memahami mereka dan mungkin tidak merasa bahwa mereka dapat memberitahu Anda atau menanyakan hal-hal di masa depan.
2) Perlu diketahui bahwa jika Anda memiliki kesulitan untuk memahami anak Anda yang dilakukan orang lain juga. Membantu pendengar dengan menegaskan kembali atau mengulang apa yang dikatakan anak. Sebagai contoh; anak memberitahu kasir di sebuah toko "Aku lemah dan mendapat sebuah Wace fiwst pwace." Anda mungkin menanggapi dengan mengatakan sesuatu seperti "Ya, ia berlari 500 halaman-lari lebih cepat daripada siapa pun!" Sekarang pendengar dapat pujian atau membuat komentar kepada anak dan setiap orang merasa berhasil dalam percakapan
3) Bantulah anak Anda memahami bahwa setiap orang berbeda tetapi istimewa. Ada sebuah buku besar disebut "Hooway untuk Wodney Wat" yang ditulis oleh Helen Lester dan Lynn M. Munsinger. Buku ini adalah tentang seorang tikus yang tidak bisa mengatakan-nya / r / suara dan mendapatkan menggoda tentang hal itu. Pada akhirnya dia ingin sampai menjadi pahlawan. Seperti ini mungkin cara yang baik untuk berbicara tentang bullying / menggoda jika pengalaman anak di sekolah karena ucapan mereka.
4) Ulangi hal-hal sebagai anak berbicara. Misalnya Anak: "Aku pergi ke wibwawy hari ini." Parent: "Kau pergi ke perpustakaan?" Hal ini tidak hanya membantu untuk mempertahankan pemahaman sebagai percakapan yang terjadi tetapi juga membantu untuk model artikulasi yang benar bagi anak.
5) Tanyakan pertanyaan-pertanyaan sederhana untuk membantu memperjelas ketika sebuah kesalahpahaman telah terjadi. Cobalah untuk menggunakan ya / tidak pertanyaan atau pertanyaan di mana Anda mengharapkan satu dua kata untuk menjawab. Gunakan mengerti apa yang Anda lakukan untuk membantu menjelaskan apa yang Anda lewatkan.
6) Bila Anda tidak yakin apa yang dikatakan anak meminta mereka untuk ulang kata-kata pernyataan mereka. Anda mungkin berkata "Saya ingin memastikan bahwa saya memahami Anda, dapat Anda katakan lagi dengan cara yang berbeda?" Anak mungkin memilih kata-kata yang berbeda yang mungkin lebih mudah bagi Anda untuk mengerti.
7) Jangan menempatkan anak Anda di tempat. Ingat, tidak semua orang nyaman mengajukan pertanyaan-pertanyaan untuk memastikan mereka mengerti apa yang dikatakan. Beberapa mungkin hanya menyediakan cara cepat ya / tidak menjawab atau mungkin berjalan kaki.
Hal ini dapat melukai perasaan anak dan membuat mereka kurang percaya diri berbicara kepada orang-orang baru. Mendorong mereka untuk bertanya pada diri sendiri tapi pastikan seseorang yang ada untuk membantu orang memahami.
Ingat, kesabaran adalah kuncinya. Luangkan waktu untuk benar-benar mendengarkan dan memahami anak. Hentikan apa yang Anda lakukan dan melihat anak, dengan fokus pada mereka dapat membantu dalam memahami. Tidak hanya akan Anda pelajari hal-hal yang indah tentang anak Anda, Anda akan membantu meningkatkan kepercayaan diri mereka dan harga diri dengan menunjukkan mereka bahwa Anda benar-benar peduli tentang apa yang mereka katakan!...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar